Ingin Lekas Pulih Setelah Melahirkan? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Kompas TV - Rabu, 6 Desember 2023 | 13:15 WIB
ingin-lekas-pulih-setelah-melahirkan-coba-konsumsi-makanan-dan-minuman-ini
Ilustrasi ibu yang baru melahirkan. (Sumber: Dok. Shutterstock)

KOMPAS.TV - Proses kehamilan dan persalinan tentunya akan menguras banyak tenaga bagi para ibu. Apalagi, setelah melahirkan Bunda akan menyusui dan mengasuh si kecil sehingga pemulihan tubuh sangat penting.

Salah satu cara untuk mempercepat proses pemulihan tubuh pasca melahirkan adalah mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang.

Menurut dokter gizi medik dr. Dyah Arum K, M. Gizi, makanan dengan gizi seimbang pasca melahirkan dapat menjaga keseimbangan hormon dan memberikan tenaga yang diperlukan dalam proses menyusui. 

Bunda tidak perlu khawatir biaya belanja sehari-hari membengkak. Saat ini ada berbagai jenis makanan dan minuman dengan  harga terjangkau yang dapat membantu proses pemulihan pasca melahirkan. 

 

Rekomendasi Makanan dan Minuman Pasca Melahirkan

 

1. Makanan tinggi protein

Ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui disarankan rutin mengonsumsi makanan kaya protein dan rendah lemak. Anda dapat mempertimbangkan daging sapi tanpa lemak, daging unggas, ikan laut segar, tahu, serta tempe. 

Usahakan untuk mengonsumsi protein nabati dan hewani secara seimbang. Asupan protein sangat penting karena akan mengganti sel tubuh yang rusak, membantu pembentukan jaringan, dan memelihara jaringan di dalam tubuh.

2. Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks

Sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, tubuh Bunda tentunya juga memerlukan karbohidrat. Apalagi, saat ini Bunda harus menyusui si kecil sehingga mungkin Anda lebih cepat merasa lapar.

Bunda disarankan memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan umbi-umbian. Nutrisi dalam karbohidrat kompleks akan membantu menjaga massa otot, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu mengendalikan berat badan.

3. Makanan yang mengandung mikronutrien

Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, Anda sebaiknya tidak melewatkan kandungan mikronutrien dalam menu sehari-hari setelah melahirkan. Mikronutrien adalah zat gizi seperti vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. 

Umumnya, mikronutrien dapat ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan. Agar tidak lekas bosan dan kebutuhan mikronutrien tercukupi, cobalah mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah yang bervariasi tiap hari.

4. Minuman herbal

Sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi turun-temurun, tidak ada salahnya mempertimbangkan cara tradisional. Setelah melahirkan, Anda dapat mengonsumsi minuman herbal, seperti jamu. 

Jamu herbal dapat menjadi minuman tambahan untuk membantu mengatasi peradangan, mengurangi rasa nyeri, dan melancarkan peredaran darah.

Agar dapat menyesuaikan sesuai selera, Anda bisa mencoba membuat sendiri dengan bahan alami yang aman dan mudah didapatkan, misalnya jahe, kunyit, dan kencur. 

5. Minum air lebih banyak 

Pemilihan makanan penuh gizi untuk ibu yang baru saja melahirkan memang penting, tetapi juga harus memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Normalnya, manusia dewasa disarankan mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air dalam sehari.

Nah, bagi ibu menyusui disarankan setidaknya minum air putih sebanyak delapan gelas atau  2 hingga 3 liter per hari. Selain  memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih yang cukup membantu memperlancar produksi Air Susu Ibu (ASI) dan menghindari dehidrasi.

Nah, ternyata ada begitu banyak pilihan makanan dan minuman yang tidak hanya sehat, tetapi juga ramah di kantong untuk membantu proses pemulihan ibu pasca melahirkan. 

Bunda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi agar mendapatkan pemahaman lebih baik tentang asupan gizi pasca melahirkan.

Dengan begitu, Bunda dapat pulih lebih cepat sehingga siap merawat dan mendampingi si kecil dalam setiap langkah perkembangannya dengan penuh cinta. 

----

Sumber:



Penulis : Adv Team

Artikel Terkait